Cara Agar Anak Bisa Cepat Jalan Kaki

Cara anak cepat jalan memang wajib untuk diketahui oleh para orang tua di Indonesia. Pada dasarnya, setiap bayi memang memiliki kemampuan yang berbeda-beda termasuk perkembangan dan kemampuan mereka ketika berjalan. Tetapi, umumnya, bayi yang sudah menginjak usia 8 bulan memang sudah bisa mulai untuk belajar bagaimana cara merambat.

Setelah itu, di bulan yang ke 9, anak sudah mulai berdiri tanpa bantuan oleh orang tua walaupun kadang-kadang badan mereka memang sering terjatuh. Setelah menginjak usia 1 tahun lebih, seorang bayi memang seharusnya sudah mulai bisa berjalan sedikit-sedikit. Tetapi kembali lagi pada penjelasan sebelumnya apabila kemampuan yang dimiliki oleh bayi memang berbeda-beda. Ada juga anak yang baru bisa berjalan ketika usianya sudah menginjak 18 bulan.

Walaupun demikian, para orang tua sebaiknya juga harus mengetahui bagaimana cara agar bayi cepat berjalan. Salah satunya adalah dengan memberikan stimulasi khusus agar lama kelamaan anak anda mulai berjalan dengan baik.

Cara Agar Anak Bisa Cepat Jalan Kaki

Cara Agar Anak Bisa Cepat Jalan Kaki

Kendati demikian, untuk melatih anak agar bisa berjalan ternyata tidak semudah apa yang ada di bayangan loh. Terlebih lagi ketika bayi memiliki kecenderungan yang pasif dan sedikit takut. Walaupun demikian, para orang tua sebaiknya tidak membatasi anak-anak untuk bergerak. Buat para orang tua yang penasaran bagaimana cara untuk melatih anak agar cepat berjalan, berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan.

1. Cobalah untuk melatih anak anda untuk tengkurap

Salah satu faktor yang akan memberikan anak anda kemudahan ketika berlatih berjalan adalah posisi tengkurap. Untuk itulah, para orang tua hendaknya melatih anak untuk bisa tengkurap dengan baik. Seperti yang sudah diketahui, posisi tengkurap ini sendiri ternyata mempunyai segudang manfaat yang cukup baik untuk bayi seperti untuk melatih otot tangan, punggung serta leher dengan baik.

Perlu anda ketahui apabila kekuatan otot punggung tersebut akan mempengarungi bagaimana kekuatan anak untuk berjalan nantinya. Hal ini bukan tanpa alasan karena otot punggung tersebut akan menjadi tumpuan ketika berdiri selain otot kaki. Untuk itulah, para orang tua hendaknya melatih anak anda untuk tengkurap.

2. Latih anak untuk belajar merangkak

Masih berhubungan dengan poin pertama, tengkurap ternyata juga menjadi stimulasi yang cukup efektif agar anak bisa lebih mudah dalam belajar merangkak. Adapun cara lainnya agar anak anda bisa berjalan dengan cepat adalah pastikan apabila anak anda tersebut sudah mampu untuk merangkak. Keterampilan merangkak ini sendiri ternyata cukup penting.

Ini bisa menandakan apabila otot kaki, tangan serta leher sudah kuat. Disini syaraf motoriknya juga sudah mulai berkembang dengan baik. Biasanya, bayi sendiri sudah bisa mulai merangkak ketika usianya sudah menginjak 6 bulan.

3. Melatih anak untuk berdiri dengan tegak

Cara agar bayi cepat berjalan yang berikutnya adalah dengan melatih anak anda untuk bisa berdiri dengan tegak. Disinilah, peran para orang tua memang sangat dibutuhkan oleh bayi agar mampu untuk berdiri. Cara ini sendiri bisa dilakukan ketika bayi anda sudah mulai menginjak usia 9 bulan. Tips terbaik yang bisa anda gunakan adalah cobalah meletakkan bayi di dalam box tidurnya agar mau berdiri.

Anda bisa melatih anak anda setiap hari, tetapi jangan pernah anda memaksakan anak anda untuk melakukannya lebih sering. Jika telapak kaki anak anda sudah mampu menempel dengan sempurna, maka saatnya orang tua melatih anak untuk berdiri diatas lantai.

4. Jangan lupa untuk menitah anak anda untuk berjalan

Adapun cara lainnya yang akan membantu anak anda agar bisa berjalan dengan cepat adalah dengan menatihnya. Ini merupakan stimulasi terbaik yang sudah diterapkan oleh banyak orang. Orang tua bisa langsung memegang kedua tangan anak dengan baik dan ajak anak untuk melangkahkan kaki secara perlahan-lahan.

Anda bisa langsung menerapkan cara ini ketika bayi anda sudah masuk usia 8 bulan. Praktikkan cara ini hingga bayi anda sudah bisa menegakkan kaki dengan kuat dan anda bisa langsung melepaskan pegangan tersebut.

5. Biarkan anak berjalan tanpa alas

Membiarkan anak berjalan tanpa alas kaki bukanlah kesalahan. Justru ini sangat dianjurkan agar anak anda bisa berjalan dengan cepat. untuk itulah sebaiknya para orang tua bisa memberikan kebebasan untuk anak-anak agar berjalan dengan tanpa menggunakan alas kaki. Walaupun demikian, orang tua juga harus memperhatikan medan yang akan dilalui oleh si kecil. Pastikan lantai yang halus atau rumput yang aman.

Dengan bertelangjang kaki inilah akan memberikan banyak manfaat untuk buah hati anda yakin bisa membentuk otot kaki dan menguatkan bagian pergelangan kaki buah hati anda. Jika anda berpergian, sebaiknya dipilihkan alas kaki yang ringan.

6. Jangan pernah membatasi ruang gerak anak

Tak bisa dipungkiri apabila seorang anak yang masih berusia bayi memang cenderung lebih hiperaktif bukan? Dimana mereka memiliki kebiasaan untuk bergerak kesana-kemari. Adapun cara melatih bayi cepat jalan yang berikutnya adalah jangan pernah untuk membatasi ruang gerak buah hati anda tersebut. jangan terlalu mengekangnya.

Semakin anak sering merangkak atau merambat di rumah anda maka kemampuan untuk berjalannya akan semakin bagus. Dan anak anda dijamin akan cepat untuk berjalan.

7. Cobalah memanfaatkan mainan

Adapun cara berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah cobalah untuk memberikan stimulasi kepada anak anda dengan mainan. Cara ini sendiri sebaiknya bisa anda lakukan ketika buah hati tercinta anda sudah mampu untuk merambat dan berdiri tegak.

Dengan menggunakan mainan unik yang dimiliki bayi, anda bisa memancing bayi anda agar mau berjalan untuk mengambil mainan yang ada di tangan anda tersebut. pastikan apabila anda memberikan jarak tertentu tetapi juga tidak terlalu jauh dengan anak anda.

8. Menyediakan pegangan

Untuk menghindari anak sering tergantung, sebaiknya para orang tua juga menyediakan pegangan buat si kecil berjalan. Anda bisa menaruh kursi, meja atau pegangan lainnya agar ketika berdiri, anak bisa memegangnya untuk memberikan kemudahan ketika berjalan. Pastikan juga apabila lantai di rumah anda bersih dan tidak ada benda-benda yang mampu membahayakan telapak kaki buah hati tercinta anda tersebut.

9. Hindari terlalu sering menggendong anak anda

Menghindari terlalu sering menggendong anak ternyata juga menjadi cara agar bayi cepat jalan yang berikutnya. Disinilah, para orang tua sebaiknya membiarkan waktu anak untuk berjalan sendirian. Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila anak selalu digendong maka otot-otot pada kaki tidak akan terlatih dengan baik. Sebaiknya, para orang tua memberikan kebebasan untuk si kecil dalam bereksplorasi.

Selain itu, anda juga bisa sesekali memanfaatkan baby walker. Baby walker sendiri merupakan salah satu alat yang bisa membantu anak anda agar bisa berjalan dengan cepat. aktivitas ini sendiri ternyata akan memberikan kemudahan agar anak anda cepat berjalan.

Walaupun demikian, sebaiknya anda tidak terlalu sering untuk menggunakan baby walker tersebut. hal ini bukan tanpa alasan karena baby walker sendiri akan membuat bayi anda mengalami cedera.

10. Jangan lupa untuk memberikan pijatan pada kaki

Cara agar bayi cepat berjalan yang berikutnya adalah dengan melakukan pijatan pada kaki buah hati anda tersebut. agar bayi anda tetap nyaman dengan pijatan yang anda berikan, anda bisa langsung memanfaat minyak zaitun. Selain mampu melicinkan ketika memijat, minyak zaitun ini ternyata juga memiliki segudang manfaat yang cukup baik untuk kulit si kecil seperti mampu membuat kulit lebih lembab dan sehat.

Pijatan ini sendiri ternyata memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi peredaran darah dan mampu memberikan efek yang rileks pada ototnya sehingga otot kaki menjadi tidak kaku dan kuat. Jangan lupa untuk melakukan pijatan ini, anda harus melakukannya dengan lembut. Jika anda takut melakukannya, anda bisa langsung menyerahkan kepada ahlinya.

11. Mengajak anak untuk berenang

Mengajak anak untuk berenang juga menjadi tips agar bayi cepat jalan yang berikutnya. Seperti yang sudah kita ketahui, berenang memang akan memberikan segudang manfaat yang cukup baik untuk kesehatan bukan? Tidak hanya itu saja, dengan berenang sendiri ternyata akan memudahkan anak anda untuk bisa berjalan dengan cepat. Anda tidak perlu takut untuk mengajak si kecil untuk berenang sambil bermain dengan air.

Bayi yang sudah berusia 6 bulan sendiri ternyata sudah diperbolehkan untuk berenang. Dengan berenang maka akan menguatkan otot tubuh serta mampu meningkatkan pertumbuhan syaraf motoric buah hati anda tersebut. tentunya ini akan mempengaruhi kecepatan anak anda ketika latihan berjalan. Jangan lupa untuk memilih tempat renang khusus bayi yang sudah didampingi dengan tenaga yang sudah professional.

12. Mengajak anak anda untuk latihan bersama teman sebaya

Cara bayi cepat jalan berikutnya adalah dengan mengajak bayi anda untuk melakukan latihan bersama dengan teman-teman sebaya mereka. Dengan mengajak anak anda bermain bersama teman sebaya maka secara tidak langsung akan memberikan kemudahan bagi anak anda untuk belajar berjalan. Dimana ia akan meniru apa yang dilakukan oleh temannya tersebut.

Selain itu, para orang tua juga bisa mengajak buah hati tercinta untuk berjalan mengelilingi area kompleks. Ini merupakan cara yang terbaik agar anak anda tidak bosan untuk latihan berjalan di dalam rumah saja.

13. Jangan pernah memaksa anak

Perlu anda ingat apabila terlalu memaksakan anak anda untuk latihan berjalan ternyata juga tidak baik loh. Inilah mengapa sebaiknya para orang tua juga tidak terlalu memaksakan anak untuk latihan berjalan. Biarkan anak melakukan apa yang dia sukai. Kalaupun anak mengalami keterlambatan sedikit ketika latihan berjalan, orang tua tidak perlu khawatir. Tugas anda adalah tetap memberikan dukungan kepada anak anda tersebut.

Bukan hanya itu saja, sebaiknya para orang tua juga harus memberikan asupan nutrisi yang cukup dan bergizi untuk buah hati tercinta. Anda bisa memberikan ASI yang mempunyai kandungan kalsium dan zinc yang tinggi. Selain itu, juga bisa memberikan makanan MPASI.

Demikian beberapa Cara melatih bayi cepat jalan. Agar anak anda bisa berjalan dengan cepat, sebaiknya para orang tua juga selalu memberikan dukungan yang terbaik untuk anak dan selalu memberikan pengawasan kepada anak anda tersebut.

Related Posts

Load comments

Comments