8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

Mata panda sering kali membuat kita terlihat lelah dan tidak segar. Jika Anda mengalaminya, ada cara menghilangkan mata panda yang dapat Anda coba lakukan di rumah, mulai dari penggunaan kompres hingga bahan-bahan alami.

Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Munculnya lingkar hitam ini umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Mata panda bisa terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita. Untuk menutupinya, sebagian wanita sering kali menggunakan make up, concealer, atau krim BB maupun CC. Meski demikian, pemakaian make up hanya untuk menutupi, tetapi tidak dapat menghilangkan keluhan.

Penyebab Munculnya Mata Panda

Mata panda umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Selain kurang tidur, mata panda juga bisa disebabkan oleh:

  • Menangis terlalu lama
  • Mengalami dehidrasi
  • Merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menatap layar komputer dan gawai terlalu lama


Tak hanya itu, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan berkurangnya jaringan lemak serta kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

Ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, antara lain:

1. Menggunakan kompres dingin

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Caranya mudah, cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

3. Menggunakan bahan alami

Untuk mengurangi warna gelap pada mata panda, Anda dapat mengoleskan beberapa bahan alami, seperti minyak almond, minyak zaitun, dan gel lidah buaya.

Beberapa riset menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami ini juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

4. Mengompres dengan kantong teh celup

Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah di kulit dan mencerahkannya.

Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres dengan kantong teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas, lalu tempelkan pada mata selama kurang lebih 15–20 menit.

5. Meninggikan posisi kepala saat tidur

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Anda dapat meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

6. Menghindari konsumsi kopi dan minuman beralkohol

Kopi dan minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.

7. Menggunakan krim mata

Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda.

Oleh karena itu, Anda juga bisa menggunakan krim mata untuk menghilangkan mata panda. Namun, hasilnya tidak instan. Anda mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

8. Mencukupi waktu tidur

Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.

Meski bukan kondisi medis yang serius, Anda tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu, apalagi jika Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda yang telah dijelaskan di atas.

Bila hal tersebut terjadi pada Anda, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Posts

Load comments

Comments