7 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

7 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda, Bagi sebagian besar ibu hamil di awal kehamilan menjadi masa yang tidak mudah dilewati. Selama fase ini, Bumil akan mengalami banyak keluhan sebagai reaksi alami dari perubahan yang terjadi pada tubuh.

Keluhan yang pasti dirasakan hampir semua perempuan adalah tentantang perjuangan melawan rasa mual saat hamil muda.

Menurut Dr. Marjorie Greenfield, ahli kandungan dan penulis The Working Woman's Pregnancy Book, sekitar 70 persen perempuan mengalami mual di awal kehamilannya, dan sekitar 50 persen mengalami muntah.

7 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Bagi sebagian besar Ibu Hamil, awal kehamilan menjadi masa yang tidak mudah dilewati. Selama fase ini, Bumil akan mengalami banyak keluhan sebagai reaksi alami dari perubahan yang terjadi pada tubuh.

Keluhan yang pasti dirasakan hampir semua perempuan adalah tentantang perjuangan melawan rasa mual saat hamil muda.

Menurut Dr. Marjorie Greenfield, ahli kandungan dan penulis The Working Woman's Pregnancy Book, sekitar 70 persen perempuan mengalami mual di awal kehamilannya, dan sekitar 50 persen mengalami muntah.

7 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Frekuensi mual dan muntah setiap orang pun berbeda. Ada yang ringan, tetapi tak jarang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Yuk, simak cara mengatasinya mual saat hamil muda.

1. Mencium aroma wewangian segar

Mual pada Ibu Hamil umumnya disebabkan oleh penciuman yang sensitif karena hormon estrogen yang menyebabkan sensitifitas indera penciuman ikut meningkat.

Karena itu, tak heran jika Bumil dapat mencium aroma yang kurang sedap beberapa meter dari tempat Ibu Hamil, atau malah tidak suka mencium aroma tertentu selama hamil. Misalnya, langsung mual saat mencium bau suami.

Saat kamu mencium aroma yang tidak disukai, kamu akan merasakan mual dan muntah. Cobalah hirup wewangian beraroma segar, seperti lemon atau rosemary untuk mengurangi mual saat hamil muda.

Tentu saja pilih wewangian yang mengandung bahan alami, ya!

2. Cukupi kebutuhan cairan

Kebutuhan cairan saat hamil lebih banyak dari saat sebelum hamil. Tetap cukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih sebanyak 10-12 gelas per harinya.

Jika kebutuhan cairan terpenuhi, suhu tubuh juga akan terjaga dengan baik. Saat terhidrasi dengan baik, rasa mual dan ingin muntah bisa berkurang.

3. Makan sedikit demi sedikit

Saat hamil, perut kerap terasa kembung karena asam lambung yang meningkat. Hal tersebut sering membuat nafsu makan berkurang karena rasa mual tak tertahankan. Di sisi lain, Ibu Hamil harus tetap makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Solusinya, makanlah sedikit demi sedikit tetapi sering. Memaksakan makan banyak bisa memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga mual malah akan bertambah.

Siapkan camilan biskuit ke mana pun saat pergi untuk menahan rasa mual. Jangan sampai membiarkan perutmu kosong ya!

4. Konsumsi jahe atau permen jahe

Jahe disebut bisa membantu mengatasi mual saat hamil. Coba tambahkan irisan tipis jahe segar ke dalam air hangat atau teh.

Minumlah hingga rasa mual mereda. Opsi lainnya, Kamu bisa mengonsumsi permen jahe saat mual datang.

5. Alihkan perhatian pada hal yang disukai

Rasa mual yang melanda cukup mengganggu? Alihkan pikiran pada hal lain yang kamu sukai bisa membantumu melupakan rasa mual sementara waktu.

Kamu bisa membaca buku, bermain games sejenak, atau berjalan-jalan menghirup udara luar. Beberapa ibu hamil juga mengakui bahwa olahraga ringan dapat mengurangi rasa mual mereka.

6. Menghindari hal yang membuat Ibu Hamil merasa mual

Rasa mual mungkin datang dari sesuatu yang tidak kamu sukai. Coba perhatikan, apa saja yang bisa memicu rasa mual? Mungkin aroma masakan tertentu?

Jika telah tahu apa yang membuat kamu mual, hindari saja mencium bebauan itu.

7. Cukupkan istirahat

Hal paling sederhana dan paling ampuh untuk meredakan mual dan berbagai keluhan saat hamil adalah cukup istirahat.

Ambil napas dalam-dalam, dan luangkan waktu untuk tidur sejenak. Para ahli juga mengatakan bahwa tidur adalah cara paling tepat untuk menghindari morning sickness.

Itulah beberapa hal terkait mual saat hamil muda yang perlu diketahui. Semoga bisa membantu untuk membuat merasa lebih nyaman ya.

Related Posts

Load comments

Comments