10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang telah beranjak dewasa. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Berikut ini merupakan 10 cara alami untuk mengilangkan jerawat membandel :

1. Hilangkan Jerawat Menggunakan Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Cara dengan memisahkan putih telur dari kuningnya dan dicampur dengan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Hilangkan Jerawat Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi jerawat pada kulit. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan jerawat secara menyeluruh. Caranya dengan memakai masker dari gel lidah buaya, kemudian diamkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Hilangkan Jerawat Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Hilangkan Jerawat Menggunakan Air Perasan Lemon

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

5. Hilangkan Jerawat Menggunakan Mentimun

Mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino di dalamnya. Kandungan-kandungan ini dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Aplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

6. Hilangkan Jerawat Menggunakan Madu

Siapa yang tak kenal khasiat baik yang terkandung dalam madu? Bahan alami yang satu ini ternyata dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Caranya adalah dengan mengaplikasikan madu pada wajah.  Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7. Hilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu,  bilas dengan air bersih.

8. Hilangkan Jerawat Menggunakan Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan  vitamin C yang dapat menghilangkan jerawat secara alami. Caranya dengan mengoleskan tomat yang telah dipotong pada wajah secara merata, lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.

9. Hilangkan Jerawat Menggunakan Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Gunakan pepaya sebagai masker alami wajah, kemudian diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

10. Hilangkan Jerawat Menggunakan Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat. Caranya dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Adanya jerawat akan membuat rasa risih dan gemas untuk memencetnya. Namun, jika hal ini kamu lakukan saat tangan sedang kotor, yang ada kotoran pada tangan malah menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin parah. Jika kamu tidak sabar menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena proses yang lama, kamu bisa konsultasi dengan dokter kulit secara langsung untuk menentukan langkah pengobatan medis untuk meringankan jerawat yang kamu alami.

Related Posts

Load comments

Comments